Berapa sih Biaya Pembuatan Blog, Toko Online, dan Website Portal ?

Saya sering dapat pertanyaan dari teman atau kerabat yang masih awam tentang sebuah website. Biasanya kebutuhan mereka sebatas ingin membuat website untuk kebutuhan yang masih sederhana. Dalam arti konten yang akan diisi tidak terlalu banyak. Bisa dikatakan website hanya menggantikan brosur fisik menjadi brosur digital dalam bentuk website yang dapat diakses secara online, mungkin juga hanya sebatas ingin memiliki sebuah blog pribadi.

Untuk website pribadi atau yang disebut juga blog pribadi bisa dimulai dengan yang gratisan. Tentu, alamat url yang akan dijadikan nama blog akan memiliki ekstensi penyedia layanan blog/web gratis. Misalnya layanan blog gratis seperti wordpress.com, blogspot.com, dan tumblr.com, dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan layanan mereka maka nama blog yang akan Anda peroleh akan seperti ini, namaanda.wordpress.com, namaanda.blogspot.com, namaanda.tumblr.com, dengan alamat blog seperti ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, semuanya seratus persen gratis.

Dengan layanan penyedia blog atau website gratis, tidak perlu ada biaya yang dikeluarkan sedikitpun, semuanya 100% gratis.

Tetapi Anda masih bisa menggunakan nama tanpa embel-embel tersebut dengan cara custome domain, sehingga nama blog Anda akan menjadi namabloganda.com. Di antara mereka ada yang membebankan biaya dan ada juga yang gratis untuk custome domain tersebut.

Yang perlu diketahui juga ketika Anda memilih untuk custome domain, Anda tetap harus membeli domain yang akan Anda jadikan nama blog. Harga untuk sebuah domain relatif sangat murah kisaran 150.000/tahun, tidak lebih mahal dari harga kuota internet Anda dalam satu bulan, dan semua orang saya kira mampu untuk membelinya.

Custome domain menggunakan layanan host gratis hanya perlu membeli domain dengan harga sekitar 150.000/tahun.

Lalu bagaimana dengan website toko online? dan Anda membayangkan toko online seperti apa?

Apakah Anda membayangkan toko online seperti Lazada, Zalora, Blibli, Mataharimall, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia, Qoo10, dan lain sebaginya? 

Atau online shop sederhana yang menjual produk kategori tertentu dengan produk spesifik?

Asumsi saya Anda berfikir untuk toko online yang kedua yaitu online shop sederhana dengan kategori tertentu dengan produk spesifik.

Maka Anda dapat memulainya dengan membeli nama domain toko online, membeli hosting, dan menggunakan CMS WordPress yang diinstal plugin WooCommerce sebagai mesin pengelola website dan produk yang Anda jual.

Dana yang dibutuhkan untuk domain 150.000/tahun, hosting mulai 20.000/bulan, dan CMS WordPress + plugin WooCommerce bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda hanya perlu sedikit belajar tentang teknis bagaimana setup toko online Anda.

Hanya membeli domain toko online seharga 150.000/tahun lalu berlangganan hosting mulai 20.000/bulan ditambah WordPress + Plugin WooCommerce gratis, Anda sudah bisa memiliki sebuah online shop yang dan siap untuk memajang produk secara online.

Sama halnya dengan toko online, sebuah website portal berita juga dilihat dari kebutuhannya. Kebutuhan dapat dilihat dari seberapa banyak kontennya, jenis kontennya apa saja, dan seberapa banyak pengunjungnya.

Parameter tersebut bisa dipakai untuk menentukan biaya serta maintenance sebuah website portal. Semakin banyak jumlah konten, seperti konten artikel, konten gambar, konten video, konten animasi, konten dokumen serta banyaknya pengunjung, maka biaya (investasi) yang diperlukan akan semakin besar.

Semakin banyak konten dan pengunjung, maka investasi Anda tidak cukup hanya ratusan ribu. Anda harus menyediakan jauh lebih besar dari angka tersebut.

Setidaknya secara umum ada tiga jenis biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah website yaitu, domain, hosting, dan platform tata kelola konten. Dari tiga jenis biaya tersebut ketika dilakukan Scaling-up maka akan lain lagi ceritanya. Perbedaan investasi dan organisasi untuk operasionalnya seperti bumi dan langit.

Maka…

Anda dapat memulainya sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan, sebagi blog pribadi, toko online, atau pun website portal.

Published by:

sandy ramadian

Internet telah menjadi bagian dari hidupnya. Salah satu impiannya adalah memiliki perpustakaan pribadi dengan aneka ragam judul buku. Terutama buku agama, pengembangan diri, teknologi, internet, sastra, sejarah, dan biografi. Sedangkan olah raga beladiri adalah salah satu olah raga favorit. Namun hanya sebagai olah raga favorit, kendati hingga saat ini ia tidak melakukannya.

Kategori CatatanTag , , Meninggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s